Metode Pembelajaran Problem Solving

1. Pengertian Metode Problem Solving (Pemecahan masalah) 

Metode problem solving adalah suatu metode bcrpikir dan memecahkan masalah. Dalam hal ini siswa dihadapkan pada suatu masalah, kemudian diminta untuk memecahkannya. Dalam 'bahasa perencanaan', masalah adalah perbedaan antara kondisi yang ada (objektif) dengan kondisi yang diharapkan. Dalam pembelajaran matematika di sekolah, suatu masalah (seal) menjadi tantangan yang tidak dapat segera diselesaikan dengan prosedur rutin yang diketahui oleh siswa. 

Problem solving adalah suatu proses belajar mengajar yang berupa penghilangan perbedaan atau ketidaksesuaian yang terjadi antara hasil yang di peroleh dengan yang diinginkan, (Pranata, 2005 : 3). Sejalan dengan pendapat tersebut Prawiro (1986 : 36) mengatakan bahwa problem solving adalah metode mengajar dengan jalan menghadapkan siswa pada suatu masalah yang harus dipecahkan oleh siswa sendiri dengan mengarahkan segala kemampuan yang ada pada diri siswa tersebut.

2. Langkah-langkah Pembelajaran Problem Solving 

Menurut Polya (2002 : 27) memberi empat langkah pokok cara pemecahan masalah, yaitu : 1. memahami masalahnya, Masing-masing siswa mengerjakan lathan yang berbeda denga teman sebelahnya. 2. menyusun rencana penyelesaian, Pada tahap ini siswa diarahkan untuk dapat mengidentifikasi masalah, kemudian mencari cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. 3. melaksanakan rencana penyelesaian itu, Langkah yang ketiga, siswa dapat menyelesaikan masalah dengan melihat contoh atau dari buku, dan bertanya pada guru. 4. memeriksa kembali penyelesaian yang telah dilaksanakan Terakhir siswa mengulang kembali atau memeriksa jawabab yang telah dikerjakan, kemudian siswa bersama guru dapat menyimpulkan dan dapat mempresentasikan di depan kelas. 

Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam metode problem solving menurut Abdul Majid. 2009.142-143 adalah sebagai berikut : 1. Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan. Masalah ini harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya. 2. Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Misalnya dengan jalan membaca buku-buku, meneliti, bertanya, berdikusi, dan lain-lain. 3. Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. Dugaan jawaban itu tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh. 4. Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut. Dalam langkah ini siswa harus berusaha memecahkan masalah sehingga betul-betul yakin bahwa jawaban tersebut itu betul-betul cocok. 5. Menarik kesimpulan. Artinya siswa harus sampai kepada kesimpulan terakhir tentang jawaban dari masalah tadi. 

3. Ciri-Ciri Pembelajaran Problem Solving 

Ciri-ciri pembelajaran problem solving menurut Tjadimojo (2001 : 3) yaitu : 1. Metode problem solving merupakan rangkaian pembelajaran artinya dalam implementasi problem solving ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan siswa, 2. Aktivitas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah, metode ini menempatkan sebagai dari proses pembelajaran, 3. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan berfikir secara ilmiah. 

4. Kelebihan dan Kekurangan metode pembelajaran Problem Solving 

Setiap metode pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan. Menurut Polya (2002 : 30) metode problem solving memiliki kelebihan dan kekurangan antara lain adalah: Kekurangan metode problem solving antara lain adalah: 1. Dapat membuat siswa menjadi lebih menghayati kehidupan sehari-hari, 2. Dapat melatih dan membiasakan para siswa untuk menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil, 3. Dapat mengembangkan kemampuan berfikir siswa secara kreatif, 4. Siswa sudah mulai dilatih untuk memecahkan masalahnya. 

Kekurangan metode problem solving antara lain adalah: 1. Memerlukan cukup banyak waktu, 2. Melibatkan lebih banyak orang. 3. Dapat mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi dari guru, 4. Dapat diterapkan secara langsung yaitu untuk memecahkan masalah. 

Berdasarkan pernyataan beberapa teori tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa problem solving adalah prose belajar mengajar yaitu dengan menghadapkan siswa pada masalah yang harus dipecahkan sendiri sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri siswa tersebut, dan dengan memberi latihan yang diberikan pada waktu belajar matematika yang bersifat latihan dan masalah yang menghendaki siswa untuk menggunakan sintesa atau analisa agar siswa memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman.

Referensi :
  1. Polya. (2002). Metode Pembelajaran Problem Solving
  2. Tjadimojo. (2001). Ciri-ciri Pembelajaran Problem Solvng. http://hermanuy. blogspot.com
  3. Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya) Psb fisika. Blogspot. Com/2012 
  4. Pranata. (2005). Pengertian Problem solving. http://phisiceducation09.blogspot.com