Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan terapi Realitas

Lynch (2012) mengemukakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu terapi, yaitu :

a. Kedekatan antara terapis dan individu

Kedekatan antara terapis dengan individu merupakan hal yang penting untuk meraih kesuksesan di dalam terapi. Terapis harus mampu menunjukkan beberapa karakteristik yang mampu meningkatkan rapport dalam terapi seperti tertarik pada masalah individu, tenang, hangat, dan penuh penghargaan terhadap individu. Kedekatan antara terapis dan individu biasanya dapat dibentuk dalam waktu yang cukup cepat yaitu 2-4 sesi atau bahkan 10 menit saja, tergantung dari bagaimana pembawaan terapis saat pertama kali bertemu dengan individu.

b. Motivasi Subjek

Motivasi individu dalam mengikuti terapi adalah kunci utama yang menentukan keberhasilan dari suatu terapi. Motivasi subjek dapat terlihat dari kehadiran subjek dalam seluruh sesi terapi dan kemampuan subjek untuk selalu bersikap kooperatif.

c. Kemampuan subjek mempelajari perilaku baru

Subjek yang berhasil meraih kesuksesan adalah subjek yang merasa kondisinya lebih baik setelah mengikuti terapi. Hal ini ditunjukkan dengan kesediaan dan kemampuan subjek untuk mempelajari perilaku baru seperti meningkatnya rasa percaya diri, ataupun berkurangnya simptom-simptom yang sebelumnya dimiliki.

Referensi :
Lynch, Margareth. 2012. Factors Influencing Succesfull Psychoterapy Outcomes. Masters of Social Works Clinical Research Papers School of Social Works St. Catherine University & University of St. Thomas, Minnesotta.