Gagne dalam Siddiq dkk (2009: 1.4) belajar adalah proses mental dan
emosional atau proses berpikir dan merasakan. Seorang dikatakan belajar
apabila pikiran dan perasaanya aktif. Aktivitas pikiran dan perasaan itu
sendiri tidak dapat diamati orang lain, akan tetapi dirasakan oleh yang
bersangkutan sendiri.Nurhadi, dkk (2004: 6) aktivitas belajar meliputi:
Orientasi siswa kepada masalah, kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, interaksi siswa dalam kegiatan tanya jawab, mengembangkan
dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses
pembelajaran. Sardiman (2000: 95) aktivitas merupakan prinsip atau asas
yang sangat penting di dalam interaksi belajar mengajar. Winkel (1983: 48)
yang menyatakan bahwa aktivitas belajar atau kegiatan belajar adalah segala
bentuk kegiatan belajar siswa yang menghasilkan suatu perubahan yaitu hasil
belajar yang dicapai.
Jadi, dari beberapa pendapat tentang aktivitas penulis menyimpulkan bahwa
aktivitas belajar dapat diartikan sebagai pengembangan diri melalui
pengalaman bertumpu pada kemampuan diri di bawah bimbingan tenaga
pengajar. Aktivitas belajar merupakan faktor yang sangat menentukan
keberhasilan proses belajar mengajar siswa, karena pada prinsipnya belajar
adalah berbuat, learning by doing. Setiap orang yang belajar harus aktif
sendiri, tanpa ada aktivitas, maka proses belajar tidak mungkin terjadi.
Aktivitas memegang peranan penting dalam proses belajar karena dengan
aktivitas belajar akan menghasilkan perubahan.
Adapun aktivitas dalam proses pembelajaran meliputi: Orientasi siswa kepada
masalah, kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, interaksi
siswa dalam kegiatan tanya jawab, mengembangkan dan menyajikan hasil
karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pembelajaran.
Referensi :
- Siddiq M. Djauhar, Isniatun, Munawaroh Sungkono .2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta
- Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gravindo Persada Jakarta
- Winkel 1983 Psikologi Pendididkan Dan Evaluasi Belajar.;PT Gramedia, Jakarta