Aktivitas Belajar

Gagne dalam Siddiq dkk (2009: 1.4) belajar adalah proses mental dan emosional atau proses berpikir dan merasakan. Seorang dikatakan belajar apabila pikiran dan perasaanya aktif. Aktivitas pikiran dan perasaan itu sendiri tidak dapat diamati orang lain, akan tetapi dirasakan oleh yang bersangkutan sendiri.Nurhadi, dkk (2004: 6) aktivitas belajar meliputi: Orientasi siswa kepada masalah, kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, interaksi siswa dalam kegiatan tanya jawab, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pembelajaran. Sardiman (2000: 95) aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting di dalam interaksi belajar mengajar. Winkel (1983: 48) yang menyatakan bahwa aktivitas belajar atau kegiatan belajar adalah segala bentuk kegiatan belajar siswa yang menghasilkan suatu perubahan yaitu hasil belajar yang dicapai.

Jadi, dari beberapa pendapat tentang aktivitas penulis menyimpulkan bahwa aktivitas belajar dapat diartikan sebagai pengembangan diri melalui pengalaman bertumpu pada kemampuan diri di bawah bimbingan tenaga pengajar. Aktivitas belajar merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar siswa, karena pada prinsipnya belajar adalah berbuat, learning by doing. Setiap orang yang belajar harus aktif sendiri, tanpa ada aktivitas, maka proses belajar tidak mungkin terjadi. Aktivitas memegang peranan penting dalam proses belajar karena dengan aktivitas belajar akan menghasilkan perubahan.  

Adapun aktivitas dalam proses pembelajaran meliputi: Orientasi siswa kepada masalah, kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, interaksi siswa dalam kegiatan tanya jawab, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pembelajaran.

Referensi :

  1. Siddiq M. Djauhar, Isniatun, Munawaroh Sungkono .2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta
  2. Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Gravindo Persada Jakarta
  3. Winkel 1983 Psikologi Pendididkan Dan Evaluasi Belajar.;PT Gramedia, Jakarta